Senin, 05 Mei 2014

INVENTORI KEPRIBADIAN LAPORAN DIRI


    Dalam terminology psikometri konvensional “tes-tes kepribadian” adalah instrument untuk mengukur cirri-ciri emosi, motivasi, antarpribadi, dan sikap yang dibedakan dari kemampuan. Jumlah tes kepribadian yang ada mencapai ratusan buah. Yang paling banyak adalah inventori kepribadian dan teknik-teknik proyektif. 

  Diantara prosedur- prosedur utama yang digunakan dewasa ini adalah pendekatan-pendekatan yang didasarkan pada relevansi isi, pemasukan criteria empiris, analisis factor dan teori kepribadian.

1. PROSEDUR-PROSEDUR YANG TERKAIT DENGAN ISI

    Prototype inventori kepribadian laporan diri adalah lembar data pribadi Woodworth, yang dikembangkan untuk digunakan selama perang dunia I . sesuai dengan itu Woodworth mengumpulkan informasi yang menyangkut simpton neurotis da praneurotis dari kepustakaan psikiatris seperti halnya melalui konferensi dengan para psikiater. Dalam seleksi akhir atas butir- butir soal-soal ini, Woodworth menerapkan pemeriksaan statistic.contoh modern dari pendekatan yang terkait dengan isi terhadap perkembangan inventori laporan diri adalah Sympton Checklit 90 Revised ( SCL 90 R-Derogatis 1994). SCL 90 dirancang untuk menyaring masalah- masalah sosial dan simpton psikopatologi. Keuntungan utama dari pendekatan terkait dengan isi pada perkembangan inventori kepribadian terletak pada kesederhanaan dan sifat langsung dari metode ini.

MINNESOTA MULTIPHASIC PERSONALITY INVENTORY

Contoh terkenal tentang pemasukan criteria empiris dalam penyususnan tes kepribadian adalah Minnesota multiphasic personality inventory (MMPI). Dihasilkan pada tahun 1930-an oleh Starke R. Hathaway, seorang psikolog klinis dan J. Charnley McKinley, seorang neuropsikiater, MMPI pada awalnya diterbitkan sebagai rangkaian artikel pada tahun 1940-an untuk berfungsi sebagai alat bantu dalam proses diagnosis psikiatris.

MINNESOTA MULTIPHASIC PERSONALITY INVENTORY 2

Butir butir soal MMPI-2 terdiri dari 567 pernyataan afirmatif yang ditanggapi peserta tes “benar” atau “salah” . butir-butir soal mempunyai rentang luas dalam isi, mencakup motorik, sikap sksual, politis, dan sosial; pertanyaan-pertanyaan tentang pendidikan, pekerjaan, keluarga dan pernikahan serta banyak manifestasi perilaku neurotis atau psikotis yang dikenal, seperti keadaan obsesif dan kompulsif, delusi, halusinasi, ide-ide rujukan, fobia, kecenderungan sadistis serta masokis.

MINNESOTA MULTIPHASIC PERSONALITY INVENTORY ADOLESCENT

MMPI-A adalah bentuk baru MMPI yang dikembangkan secara spesifik untuk digunakan pada remaja. Butir- butir soal dan skala mencakup bidang yang secara spsifik relevan bagi mereka, seperti masalah sekolah dan keluarga dan diatas segala-galanya, persyaratan norma kecocokan usia.

CALIFORNIA PSYCHOLOGYCAL INVENTORY

CPI dikembangkan secara khusus untuk digunakan pada populasi orang dewasa. Dalam revisi terakhir, CPI edisi ketiga terdiri dari 434 butir soal yang harus dijawab “ benar” atau “salah” dan menghasilkan skor pada 20 skala.

INVENTORI KEPRIBADIAN UNTUK ANAK-ANAK

Meskipun tidak menggunakan butir soal atau data MMPI, Personality Inventory for Children (PIC) disusun dengan metodologi umum yang sama seperti MMPI dan CPI. PIC dikembangkan melalui 20 tahun riset oleh sekelompok peneliti pada universitas Minnesota yang secara mendalam terpengaruh oleh dasar pemikiran dn penggunaan klinis MMPI. PIC dirancang untuk anak-anak dan remaja yang berusia antara 3 sampai 16 tahun. Perbedaan utama antara PIC dan MMPI berhubungan dengan cara informasi itu diperoleh; butir- butir soal kuesioner benar salah dijawab tidak hanya oleh anak bersangkutan, tetapi oleh remaja yang pengetahuannya luas,  biasanya si ibu. Prosedur ini konsisten dengan praktik umum dalam klinik anak-anak yang mewawancarai orang tua sebagai sumber informasi utama tentang masalah dan sejarah kasus anak. Inventori ini sesungguhnya menyediakan cara sistematis untuk mengumpulkan informasi semacam itu dan menafsirkannya dalam kaitan dengan data normative dn diagnosis.

2. ANALISIS FAKTOR DALAM PENGEMBANGAN TES

KUESIONER ENAM BELAS FAKTOR KEPRIBADIAN (16 PF). Berdasarkan riset factorial mereka, Cattel dan rekan-rekan kerjanya telah mengembangkan sejumlah inventori kepribadian, dan yang paling dikenal adalah Sixteen Personalty Factor Questioner yang sekarang sudah memasuki edisi kelima. Diterbitkan pertama kali pada tahun 1949, 16 PF dirancang untuk umur 16 keatas dan menghasilkan 16 skor dalam cirri- cirri seperti keberanian sosial, dominasi, kewaspadaan, stasibilitas emosional, dan kesadaran peraturan.

MODEL LIMA FAKTOR.  Model lima factor telah mengembangkan sebuah tes yang cocok dengan versi model mereka. Dalam edisi sekarang, Revised NEO Personality Inventory” yaitu:
NEUROTISME        EKSTRAVERSI       KETERBUKAAN TERHADAP PENGALAMAN
1.Kecemasan            1. Kehangatan                           1. Fantasi
2.Permusuhan           2.suka berteman                         2. Estetika
3.Depresi                  3.sifat asertif                              3. Perasaan
4.Kesadaran diri       4. Aktivitas                                4. Tindakan
5.Sifat impulsive        5. Mencari kesenangan              5. Gagasan
6.Kerentanan            6. Emosi positive                       6.  Nilai

KECOCOKAN                                   SIKAP HATI-HATI
1.kepercayaan                                   1. kompetensi
2. sikap terus terang                           2. tatanan
3. altruism                                          3. Sikap memenuhi tugas
4. kerelaan                                         4. pencapaian
5. kesederhanaan                               5. Disiplin diri
6. hati yang lembut                             6. pertimbangan

Sumber: Anastasi Annne, Urbina Susanna. Tes Psikologi. 2007. Jakarta: PT: Indeks


2 komentar:

  1. untuk topik kali ini ngga terlalu banyak komentar sepertinya, karena sebagian besar sudah termuat di dalam ulasan pada postingan kali ini. hanya saja menambahkan pengenalan tentang kepribadian itu sendiri yaitu bahwa individu unik, individu dapat bereaksi dengan situasi yang berbeda, serta penggunaan tingkah laku yang sama. untuk hari ini cukup sekian.

    BalasHapus
  2. Maaf mba aku mau tanya untuk point ini apakah ada menjelaskan tentang :
    1. sikap mengikuti tes dan bias-bias respon
    2. sifat, keadaan, probadi, dan situasi
    3. status inventori kepribadian dewasa ini

    BalasHapus